Tuesday, October 2, 2012

Alat Laboratorium Dasar

Hallo chemister semua... :)
apa kabarkah hari ini ?? hehe... bagus sih kalau emang pada baik-baik aja :D

ekhm... sebagai calon professor (aminn...:D) laboratorium pastinya bakal jadi tempat terfavorit kita donk... Nah,, sebelum kita mencampur zat ini dan itu sampai akhirnya punya rambut keriting karena gagal praktikum di lab (jangan donk yahh...hhe), mending sekarang kita mengenal dulu yuu peralatan dasar yang biasa digunakan di tempat favorit kita....

Peralatan paling dasar yang digunakan di laboratorium adalah alat-alat gelas.. peralatan ini selalu digunakan disemua praktikum.. seklipun dianalisis oleh alat-alat yang sudah super cangih.. teteap saja semua itu tetaplah membutuhkan preparasi dan yang pasti mau tidak mau menggunakan alat-alat gelas pula :)
Nah, kalau gitu kita langsung aja kali yah.. apa aja sie yang termasuk kedalam alat-alat gelas ini :

1.beker gelas
Walaupun pada beker gelas terdapat skala, namun beker tidak digunakan untuk mengukur karena galatnya cukup besar. beker adalah sebuah wadah penampung yang digunakan untuk mengaduk, mencampur, dan memanaskan cairan yang biasanya digunakan dalam laboratorium. beker digunakan juga digunakan untuk menguapkan solvent (pelarut), untuk pemekatan maupun pengenceran larutan.
Beker secara umum berbentuk silinder dengan dasar yang bidang dan tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 1 mL sampai beberapa liter.

2. Gelas Ukur

Gelas ukur digunakan untuk mengukur volume zat kimia yang berwujud cair. gelas ukur memiliki skala yang yang tersedia dengan berbagai ukuran mulai dari 10 ml hingga 2L. 

3. Batang Pengaduk

Digunakan untuk mengaduk suatu campuran atau larutan kimia agar homogen, sering kali digunakan juga sebagai media pembantu pada waktu menuangkan cairan saat menyaring dan juga menuangkan larutan yang konsentrasinya pekat.

4. Labu takar atau Labu ukur
Labu takar atau yang lebih dikenal labu ukur lazim digunakan untuk mengencerkan zat tertentu hingga batas leher labu ukur. Kapasotasnya juga beragam mulai dari 5ml hingga 5L. Dalam sistem pengenceran, untuk zat yang tidak berwarna, penambahan aquadest sampai menunjukkan garis meniskus berada di leher labu. Untuk zat yang berwarna, penambahan aquadets hingga dasar meniskus yang menyentuh leher labu ( meniskus berada di atas garis leher ).
5.  Labu Erlenmeyer



6. Buret 

Buret ini terbuat dari gelas. Memiliki kran dan skala. digunakan untuk melakukan titrasi. Zat yang digunakan untuk penitrasi (titran) ditempatkan melalui buret, dan dikeluarkan sediki demi sedikit melalui keran. volume dari zat yang dipakai dapat dilihat dari skala.

No comments:

Post a Comment